IMPLEMENTASI METODE PEMBINAAN PRAMUKA PENEGAK DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DAN KEPEMIMPINAN REMAJA

Authors

  • Sulthona Faturrohman SDN Tirem 1 Kecamatan Lebakwangi Kab.Serang - Banten Author

Keywords:

Pramuka Penegak, Pembinaan, Karakter, Kepemimpinan, Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan buat mengkaji implementasi metode pembinaan Pramuka Penegak dalam pengembangan karakter serta kepemimpinan remaja. Pramuka Penegak selaku bagian dari organisasi kepramukaan mempunyai kedudukan berarti dalam membentuk karakter serta keahlian kepemimpinan yang dibutuhkan oleh remaja dalam mengalami tantangan kehidupan. Metode yang digunakan dalam pembinaan meliputi pendidikan lewat aktivitas seperti kegiatan di alam terbuka, kegiatan yang menarik dan menantang, dan pengembangan nilai- nilai lewat kerja kelompok, tanggung jawab, serta kepemimpinan. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan tata cara riset permasalahan, di mana informasi dikumpulkan lewat observasi, wawancara, serta dokumentasi terhadap partisipan Pramuka Penegak di salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Serang yakni SMAN 1 Ciruas. Hasil penelitian menampilkan kalau implementasi pembinaan lewat metode Pramuka Penegak bisa tingkatkan aspek karakter remaja, semacam disiplin, kejujuran, serta empati. Tidak hanya itu, kegiatan- kegiatan dalam Pramuka pula teruji efisien dalam meningkatkan keahlian kepemimpinan remaja, semacam keahlian dalam mengambil keputusan, bekerja dalam regu, serta mengetuai kelompok. Oleh sebab itu, metode pembinaan Pramuka Penegak sangat relevan buat diterapkan dalam pengembangan karakter serta kepemimpinan remaja, sejalan dengan upaya pembelajaran karakter di Indonesia. Diharapkan hasil penelitian ini bisa membagikan donasi dalam pengembangan program pembelajaran non- formal yang berbasis pada nilai- nilai kepramukaan buat tingkatkan mutu karakter serta kepemimpinan generasi muda.

References

Arman, Z., Riyanda, R., & Hazmi, R. M. (2022). Edukasi Kepemimpinan dan Gaya Komunikasi Efektif terhadap Siswa SMA Ananda Kota Batam. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(7), 617–622. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i7.1501

Baun, S., Marlene, Y., Noach, C., Givens, W., & Se, G. (2022). Sosialisasi Pendidikan Karakter serta Kepribadian Kepemimpinan Remaja Berbasis Budaya Lokal di SMTK se-Kabupaten Sumba Barat Daya. 2(2), 348–355.

Fatimah, S., & Nuraninda, F. A. (2021). Jurnal basicedu. 5(5), 3705–3711.

Hubert, A., Sanger, F., Dedy, J., Agama, P., & Universitas, F. (2023). 1 2 1,2. 08(September), 6096–6110.

Keputusan Kwartir Nasional Nomor 176 Tahun 2013 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Nurhalim, N., Saputra, M. Z. A., Ningsih, N. S., Amirullah, A., Musli, M., & Jamrizal, J. (2023). Konsep Kepemimpinan: Pengertian, Peran, Urgensi dan Profil Kepemimpinan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2071–2072.

Putri, D. M., Hania, I., Karakter, P., & Digital, E. (2021). Digital Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari , Indonesia Diterima : Abstrak Direvisi : Disetujui : Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Remaja Di Era Digital Pendahuluan Metode Penelitian Sukatin , Alfin Ma ’ ruf , Delima Mardani Putri , Dian Giawi Karomah dan Imraatun Hania. 1(September).

Sahlan, S., & Nurdin, N. (2022). Peran Pemuda Dalam Aktualisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Pelatihan Dasar Kepemimpinan. Madaniya, 3(1), 25–30. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/130%0Ahttps://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/download/130/90

Taufik, M., Fahmi, I., & Pahlevi, M. R. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Berbasis Alqur ’ an Dan Skill Abad 21 Bagi Remaja Santri. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2014.

Undang-Undang. (2010). Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.

Downloads

Published

2025-01-11