KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SEBAGAI UPAYA PEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Moh Syukron Makmun Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Pasuruan Kwarda Jawa Timur Author

Keywords:

Pramuka, Kurikulum Kepramukaan, Pancasila

Abstract

Tantangan pendidikan mencakup semua aspek pendidikan karakter. Sebagai upaya penguatan karakter siswa dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan, profil pelajar pancasila hadir sebagai solusi. Konsep profil pelajar pancasila ini dilakukan pembiasaan tidak hanya selama proses belajar mengajar, tetapi perlu dibiasakan dengan kegiatan ektrakurikuler. Metode yang digunakan ialah studi literatur, yang mana dilakukan kajian dari beberapa sumber yang berupa jurnal dan aturan dijadikan sumber referensi. Kemudian fungsi dari studi literatur ini dapat memberikan gambaran atau norma yang muncul dalam keadaan sosial yang diteliti. kegiatan pramuka menjadi pilihan dalam pembentukan profil pelajar pancasila. melihat dimensi profil pelajar pancasila memiliki kesamaan dengan satya darma pramuka. profil pelajar pancasila adalah tujuan jangka panjang untuk membangun karakter dan kemampuan siswa. Hal Ini dicapai melalui pembelajaran ektrakurikuler pramuka serta kegiatan latihan rutin pramuka.pramuka menjadi salah satu metode untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu membentuk karakter serta kompetensi siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Kegiatan pramuka dilakukan dalam pendidikan memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan siswa selama hidup yang memiliki kemampuan untuk bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip Pancasila, membangun rasa cinta tanah air, serta memupuk rasa persatuan dan kebersamaan.

Author Biography

  • Moh Syukron Makmun, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Pasuruan Kwarda Jawa Timur

    Pelatih Kwartir Cabang Kota Pasuruan Kwarda Jawa Timur

References

Amalia, N., Suneki, S., Haryati, T., & Saputro, S. A. (2023). Analisis Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Budaya Di Sekolah Dasar. IINNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 94–104. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/291

Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Pub. L. No. 07/Munas/2023 (2023). https://pramuka.or.id/ad-art-munas-2023/

Cahyani, N. M. M. (2023). Relevansi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra sebagai Penguatan Nilai Karakter Siswa. PEDALITRA III: Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 203–211.

Fauzi, M. I. R., Rini, E. Z., & Siti Qomariyah. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Proceeding: Universitas Muhammadiyah Surabaya. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19765.

Hemay, I., Abubakar, I., Bamualim, C. S., Mohalli, Simun, J., & Pranawati, R. (2020). Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila di Kalangan Anak Muda Milenial Indonesia (Chaider S. Bamualim (ed.)). Jakarta: Badan Pengkajian MPR RI.

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek. Jakarta: Kemendikbudristek.

Najati, N. A., Mahfud, H., & Yulisetiani, S. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerita Pendek. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 155. https://doi.org/10.20961/jpd.v11i2.79294

Octavia, A. A., & Winarto, A. (2023). Internaslisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Di Lembaga Pendidikan. Al-Rabwah : Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(01), 17–26. https://doi.org/10.55799/jalr.v17i01.208

Undang-Undang. (2010). Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, Pub. L. No. 12 (2010).

Yusdinar, P., & Manik, Y. M. (2023). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 183–190. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2407

Downloads

Published

2025-01-11