SINERGI PEMBINAAN PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA DALAM MEWUJUDKAN GENERASI MUDA BERKUALITAS AMBALAN DAN RACANA WIJAYA-TUNGGAWIJAYA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Authors

  • Dwi Risma Rakhmawati UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Author
  • Nurul Kismawati UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Author

Keywords:

Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, pengembangan karakter, sinergi pembinaan, generasi berkualitas

Abstract

Gerakan Pramuka memainkan peran penting dalam membentuk generasi muda yang berkualitas melalui pengembangan karakter, kepemimpinan, dan keterampilan hidup. Pada tingkat Penegak dan Pandega, fokus pembinaan adalah untuk menghasilkan individu yang mandiri, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana sinergi antara elemen-elemen pembinaan, yaitu pembina, sekolah, keluarga, dan masyarakat, serta dampaknya terhadap kualitas generasi muda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang melibatkan peserta Pramuka Penegak dan Pandega dari berbagai Gugus Depan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi yang baik dalam pembinaan secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas peserta didik, terutama dalam hal kepemimpinan, tanggung jawab sosial, dan kreativitas. Penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi yang lebih efektif antara berbagai elemen pembinaan untuk meningkatkan relevansi dan daya tarik program Pramuka di era modern. Rekomendasi strategis disampaikan untuk mendukung pelaksanaan pembinaan yang lebih menyeluruh dan berkelanjutan, sehingga Gerakan Pramuka dapat terus berfungsi sebagai wadah utama dalam pembentukan karakter generasi muda Indonesia.

References

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Karina, M., Judijanto, L., Rukmini, A., Fauzi, M. S., & Arsyad, M. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Akademik: Tinjauan Literatur Pada Pembelajaran Kolaboratif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6334-6343.

Mukhtar, A. (2023). Memanfaatkan People Power untuk Keunggulan Organisasi. Pekalongan: Penerbit NEM.

Suyatno. Ensiklopedi Pramuka Penegak Dan Pandega. Surabaya: Aksara Pustaka edukasi.

Suyatno. Metode Kepramukaan. Mustika Ilmu, Tanggerang.

Subandi, E., Asbari, M., & Anggraeni, V. (2024). Educational Scout: Pramuka Sebagai Wadah Pendidikan Karakter Bangsa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(5), 30-32.

Santosa, S., & Hikmah, A. N. (2015). Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka Di Sdit Salsabila 2 Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman. Al Bidayah, 7(1), 63-73.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Gerakan Pramuka. (2023). Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Nomor 07 Tahun 2023 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. 2023 Semarang: Diperbanyak oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta. Diakses https://pramukadiy.or.id/ad-art-gerakan-pramuka-hasil-munas-2023/

Yusdinar, P., & Manik, Y. M. (2023). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan karakter siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 183-190.

Downloads

Published

2025-01-11